Psikologi Sosial

Jumat, 03 Juli 2009

Psikologi sosial yang yang di pelopori oleh Alfred Adler ( 1870-1987) menjelaskan bahwa individu (In-divide) bersifat holistik. Artinya individu merupakan sistem keseluruhan atau sebagai satu kesatua yangutuh yang tidak dapat dipisahkan. Individu baru berarti, jika ia berintegrasi dengan lingkungannya. Karena itu, kepribadian seseorang akan terbentuk melalui proses sosialisasi.

Adler mengungkapkan bahwa manusia makhluk paling unik. Keunikan ini terwujud dalamgaya hidupnya (Bischop, 1970:171). Gaya hidup ini di bentuk sejak dini yaitu pada masa kanak-kanak antara usia 4-5 tahun. Tuga hal yang mempengaruhi gaya hidup individu, yaitu: perbedaan fisik, psikolgis, dan kondisi-kondisi sosial termasuk di dalamnya urutan kelahiran anak dan keluarga(Hall dan Lindzey, 1985:151-152).

Infeoritas dapat di artikan sebagai persaan ketidak sempurnaan atau ketidakterampilan manusia dalam menghadapi tugas-tugasnya. Perasaan infeoritas ini bukan merupakan gejala abnormal, sekalipun persaan ini mendominasi kehidupan psikis dan merupakan penyebab dari semua perbaikan posisi manusia.

Superioritas merupakan tahap kesempurnaan yang di capai individu dalam rangka mengatasi inferiotas-inferiotas yang dimiliki. Setiap manusia mempunyai dorongan untuk mencapai tujuan sehingga akhirnya merasa kuat, superior, dan sempurna. Cara individu dalammencapai superiotasnya bergantung pada kreativitas dirinya (creative self). Perilaku manusia tidak ditemukan oleh keturunan dan lingkungan, namun keduanya menjadi bingkai yang membatasi gerak manusia sesuai dengan daya kreatifnya (Corsini, 1984:59).

Creative self merupakan kemampuan individu dalam menghasilkan sesuatu yang baru berdasrkan hal-hal yang sudah ada. Creative self ini memberi warna pada kehidupan, menciptakan tujuan, dan merupakan alat untuk mencapai tujuan yang di inginkan (Hall dan Lindzey, 1985,:152). Creative self ini pula menggambarkan keunikan individu membentuk kepribadiannya sendiri berdasrkan kemampuan dan pengalamanya (Bischop, 1970:179).

0 komentar:

  © Blogger templates Newspaper II by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP